Beberapa Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam SNMPTN 2014

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 segera dibuka. Siswa yang akan lulus SMA tahun ini perlu memperhatikan beberapa hal ini untuk ikut mendaftar. Tahun ini ada 3 jenis seleksi untuk memperebutkan 140 ribuan kursi di 63 perguruan tinggi negeri, yaitu SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan ujian mandiri di universitas.

SNMPTN akan menjadi seleksi yang pertama kali dimulai. Pendaftaran SNMPTN 2014 dibuka pada 17 Februari 2014 besok lusa dan ditutup pada 31 Maret 2014. SNMPTN ini untuk memperebutkan 50 persen kursi yang tersedia. "Kalau dari diknas, anjurannya prosentase masuknya 50 persen dari SNMPTN, 30 persen SBMPTN, dan ujian mandiri 20 persen. Tergantung universitas masing-masing. Tahun ini ada universitas baru IAIN Palembang," kata Ketua SNMPTN 2014 Ganjar Kurnia di acara publikasi SNMPTN 2014 di Hotel RedTop, Jakarta Barat, Sabtu (15/2/2014).

Pendaftaran dilakukan secara online di situs snmptn.ac.id. Tata cara dan aturan pendaftaran juga bisa dilihat di situs itu. "Semua gratis tanpa biaya," ujar Ganjar. Siswa SMA, SMK dan sederajat yang hendak mendaftar harus menyiapkan Nomor Induk Siswa Nasional yang terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Selain itu, siswa juga harus menyiapkan rapor semester 1 sampai dengan 5.



"Siswa menggunakan NISN dan password yang diberi dari sekolah waktu verifikasi data di PDSS. Lalu kemudian login ke halaman snmptn.ac.id," tuturnya. Untuk daerah yang kesulitan mengakses internet, penyelenggara mempersilakan calon peserta SNMPTN 2014 mengisi data lewat pos dan ditujukan ke panitia SNMPTN. "Atau mendatangi perwakilan kita di provinsi-provinsi," papar Rektor Unpad ini.

No comments:

Post a Comment