Seleksi Pendaftaran Universitas Brawijaya jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri

Seleksi Pendaftaran Universitas Brawijaya jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri - Adik-adik yang berminat masuk ke jurusan akuntansi FEB UB atau jurusan lainnya, ada beberapa jalur penerimaan yang bisa dipilih. Informasi berikut ini kami sadur dari selma.ub.ac.id.

INFORMASI PENDAFTARAN

Jalur Nasional
  1. SNMPTN Jalur Undangan (Penjaringan Siswa Berprestasi) adalah seleksi penerimaan calon mahasiswa tanpa ujian tulis. Dilaksanakan secara Nasional sebelum Ujian nasional SMA / MA /SMK.
  2. PSB Non Akademik Penjaringan Siswa Berprestasi (PSB) di Universitas Brawijaya dilakukan tanpa ujian tulis, dimaksudkan untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi di bidang non akdemik (olah raga atau seni).
  3. SBMPTN Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan cara ujian tertulis, dilaksanakan secara Nasional, setelah kelulusan SMA/MA/SMK

Jalur Mandiri
  1. SPKD / SPK Inst (Mandiri) Seleksi Program Kemitraan Daerah / Instansi ( Ujian Tulis dilaksanakan di Daerah, bekerjasama dengan Pemerintah Daerah setempat / Instansi atau Perusahaan setempat, dilaksanakan setelah Seleksi Nasional*
  2. SPMK (Mandiri) Seleksi Program Minat dan Kemampuan, Seleksi ujian Tulis dilaksanakan di Universitas Brawijaya, setelah Seleksi nasional
  3. SPI (Seleksi Program Internasional ) Seleksi ujian tulis untuk menjaring mahasiswa luar negeri . (dilaksanakan berdasarkan kemitraan dengan pihak Luar Negeri)
  4. SAP (Seleksi Alih Program) Seleksi penerimaan mahasiswa bagi yang berpendidikan Sarjana Muda atau Diploma III untuk melanjutkan pendidikan ke Strata 1 (dikelola oleh Fakultas Masing-masing)
  5. S P Vok. (Mandiri) Seleksi Program Pendidikan Vokasi / Keahlian ( Diploma III ) dilaksanakan setelah seleksi nasional.
Universitas Brawijaya (UB) Malang mulai menerapkan sistem uang kuliah tunggal (UKT) pada tahun akademik 2013/2014 kali ini. Namun agaknya, penerapan pembayaran UKT itu tidak berlaku bagi mahasiswa baru (Maba) UB yang masuk melalui jalur mandiri, Ngalamers.

Kepala Humas Universitas Brawijaya Malang, Dra. Susantinah mengatakan, pemberlakuan UKT hanya diperuntukkan bagi Maba yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau undangan serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Sedang tidak berlaku bagi Maba jalur mandiri. "Setiap perguruan tinggi diberi kewenangan untuk menentukan kebijakan sendiri dalam penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri ini, termasuk teknis pembayaran awalnya," katanya.

Lebih lanjut, Susantinah menjelaskan, teknis pembayaran jalur mandiri tidaklah sama dengan jalur SNMPTN ataupun SBMPTN. Untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN, uang sumbangan pembangunan fasilitas pendidikan (SPFP) bisa dibayarkan setiap semester yang disatukan dengan SPP. Sementara untuk jalur mandiri harus dibayarkan lunas di muka.

Sebenarnya, menurut wanita yang akrab disapa Santi itu, yang berbeda hanya teknis pembayarannya saja. Sedang nominal yang dibayarkan Maba mandiri hampir sama dengan yang diterima lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN, Ngalamers.

No comments:

Post a Comment